Jurnalis se-Indonesia Serahkan Pernyataan Sikap Tolak UU MD3 ke MK



Kamis, 01 Maret 2018 | 13:56:34 WIB



Perwakilan Jurnalis se-Indonesia Serahkan Pernyataan Sikap Tolak UU MD3 ke MK
Perwakilan Jurnalis se-Indonesia Serahkan Pernyataan Sikap Tolak UU MD3 ke MK

JAMBERITA.COM, BOGOR - Jurnalis se-Indonesia yang tergabung dalam peserta sosialisasi peningkatan pemahaman hak konstitusional warga negara bagi wartawan media massa cetak, TV, radio, dan online se-Indonesia mengeluarkan pernyataan sikap menolak Revisi Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3). 

Sikap ini kemudian disampaikan secara terbuka dan diserahkan langsung ke Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) RI, Dr Anwar Usman SH MH saat penutupan sosialisasi di Pusdik Pancasila dan Konstitusi, Cisarua Bogor, Kamis (1/2/2018).

"Kami menolak pemberlakuan UU MD3 sebab dipahami mengekang kemerdekaan pers," kata perwakilan insan pers peserta sosialisasi Fernandus Yusi Adam saat membacakan sikapnya. 

Dalam pernyataannya, insan pers Indonesia juga mendorong seluruh pihak agar menghormati kemerdekaan pers sebab dalam studi kasus selama pelatihan terdapat beberapa UU yang dapat mengekang kinerja pers. 

"Ada beberapa UU yang krusial untuk direvisi yang dianggap mengekang kebebasan pers dan hak konstitusional warga negara," dalam surat pernyataan sikapnya.

Sementara itu, Wakil ketua MK RI Dr Anwar Usman SH MH yang menerima pernyataan sikap para jurnalis yang mewakili 34 provinsi di Indonesia, belum bisa berkomentar karena UU MD3 ini belum ditandatangani Presiden. Namun sudah ada ada 3 permohonan judicial review. "Tetapi terlepas ditanda tangan atau tidak, 30 hari berlaku," katanya.(sm)



Advertisement



loading...








Pengurus IKBJ Akan Dilantik Agustus Ini

Pengurus IKBJ Akan Dilantik Agustus Ini

Minggu, 15/07/2018 20:30:38
Bunda Yulia: Terimakasih BNNK Batanghari

Bunda Yulia: Terimakasih BNNK Batanghari

Minggu, 15/07/2018 10:33:43