JoomlaLock.com All4Share.net
Berebut Tuah di Nomor Urut, Siapa yang Punya Hoki?
ilustrasi

JAMBERITA.COM- Delapan pasangan calon yang bertarung di tiga Pilkada sudah mendapat nomor urut pada Selasa (13/2/2018). Ada yang bilang nomor urut memiliki tuah tersendiri. Sehingga ada yang berharap bisa mendapatkan nomor urut tertentu.

Di Kota Jambi, pasangan Abdullah Sani-Kemas Alfarizi mendapatkan nomor urut satu. Pasangan ini kemudian punya slogan Sizi yang merupakan singkatan dari Sani-Izi. Dalam Bahas jawa Sizi berarti satu.

Kemudian, Fasha-Maulana meraih nomor urut dua. Pasangan ini sejak awal menampilkan salam dua jari sebagai kode lanjutkan ke periode kedua. Ini tentunya memang sudah diidamkan pasangan ini. Apalagi salah satu slogan mereka Pro2 FM.

Di Merangin, Pasangan Fauzi-Sujarmin meraih nomor urut satu. Alharis-Mashuri meraih nomor urut dua dan Nalim-Khafied meraih nomor urut 3. Di Kerinci, pasangan Monadi-Edison meraih nomor urut 1, pasangan Adirozal-Ami Taher meraih nomor urut dua dan pasangan Zainal-Arsal mendapatkan nomor urut 3.

Lalu nomor urut mana yang memiliki hoki? Pengamat Politik dari Univeristas Jambi, Mochammad Alfarisi mengatakan jika nomor urut hanya berpengaruh secara psikologis bagi pasangan calon. Ada calon yang merasa nyaman dengan nomor urut tertentu karena sesuai dengan kondisinya saat ini. Sehingga jika kemudian mendapatkan nomor lain akan kesulitan dalam mengkampanyekan dirinya.

“Sebagai contoh petahana akan suka nomor dua. Karena mereka akan sering menyebut nomor dua untuk dua periode. Jadi ,”katanya saat dihubungi sore ini Selasa (13/2/2018).

Jadi, selain faktor psikilogis, nomor urut ini juga terkait dengan kemudahan untuk mengkampanyekan pasangan calon sesuai dengan kondisi mereka saat itu. Misalnya jika dapat nomor satu, kemudaha apa yang bisa didapatkan. Jika nomor urut dua juga begitu dan seterusnya.

Hanya saja, perlu diingat yang tidak kalah penting dalam kemenangan suatu calon adalah faktor ketokohan, strategi yang dimainkan, tim sukses dan pendanaan.(sm)

Dibaca 203 kali
Bagikan ke Medsos !

bannerok2

BERITA 5 BAWAH

  • BERITA JAMBI
  • POLITIK JAMBI
  • HUKUM JAMBI
  • OPINI JAMBI
Post by Redaksi
19 FebruarI 2018 - 14:10