JoomlaLock.com All4Share.net

bawas1u

Tak Cukup dengan SK, Parpol Harus Perhatikan Ini  Untuk Usung Calon di Pilwako

JAMBERITA.COM- Bagi partai politik yang ingin mendaftarkan pasangannya calon di Pilwako Jambi sebaiknya memahami aturan yang ada dalam undang-undang. Ini untuk memastikan dukungan tidak terbuang percuma.

 

KPU Kota Jambi sendiri akan membuka pendaftaran calon walikota dan wakil walikota Jambi pada Januari 2018 mendatang.

 

Komisioner KPU Kota Jambi, Yatno mengatakan,ada banyak dokumen yang harus disiapkan sesuai yang diatur dalam PKPU. Ini wajib dipenuhi bakal pasangan calon saat pendaftaran di KPU nantinya.

 

“Sehingga tidak ada lagi misskomunikasi terkait pemahaman proses dan mekanisme pendaftaran bakal calon yang akan di laksanakan mulai tanggal 8 sampai 10 Januari 2018,” kata Yatno, belum lama ini.

 

Yatno menjelaskan, dokumen yang wajib ada saat pendaftaran pasangan calon di KPU yang pertama adalah formulir B, yaitu surat pernyataan pencalonan, selanjutnya formulir B.1 yaitu persetujuan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) masing-masing partai terhadap dukungan terhadap pasangan calon.

 

Sementara itu ada formulir B.2 yaitu kesepakatan antar partai mengusung bakal pasangan calon, dan formulir B.3 yakni penyataan parpol atau gabungan parpol dengan bakal pasangan calon.

 

"Jadi ada empat syarat wajib dari parpol yang harus diperhatikan," katanya.

 

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Jambi, M. Sanusi mengatakan, pihaknya terus memantapkan persiapannya menghadapi Pilkada di 3 kabupaten/kota agar di proses pendaftaran bakal pasangan calon nantinya bisa berjalan dengan baik tanpa ada persoalan.

 

“Kita dorong kegiatan mengundang Parpol agar dapat dibangun pemahaman yang sama tentang mekanisme pendaftaran bakal calon di Pilkada,” katanya.

 

Sanusi melanjutkan, pihaknya mendorong kegiatan serupa juga dilakukan oleh KPU yang menyelenggarakan Pilkada.(sm)

Dibaca 195 kali
Bagikan ke Medsos !

BERITA 5 BAWAH

  • POLITIK JAMBI
  • HUKUM JAMBI
  • BERITA JAMBI
  • OPINI JAMBI
Post by Redaksi
08 JanuarI 2018 - 10:24