JoomlaLock.com All4Share.net

bawas1u

Awas... ASN Ikut Kampanye, Sanksinya bisa Sampai Diberhentikan

JAMBERITA.COM- Apratur Sipil Negara (ASN) sebaiknya menjaga netralitasnya dalam Pilkada mendatang. Karena Mentri Dalam Negeri sudah mengirimkan surat edaran nomor 273/3772/sj tentang netralitas ASN dan larangan penggunaan fasilitas pemerintah daerah dalam Pilkada.

 

Dalam surat ini, ASN dilarang terlibat dalam kegiatan untuk mendukung calon kepala daerah dengan beberapa cara. Pertama terlibat dalam kegiatan kampanye untuk mendukung calon kepala daerah, menggunakan fasilitas umum terkait dengan jabatan dalam kegiatan kampanye.

 

Kedua, keputusan dan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon. Ketiga, mengadakan kegiatanyang mengarah kepada keberpihakan pasangan calon yang menjadi peserta pemilu sebelum, selama dan sesudah masa kampanye meliputi ajakan, himbauan, seruan atau pemberian barang kepada PNS dalam lingkungan unit kerjanya dan masyarakat.

 

Jika ini dilakukan maka sanksi yang diberikan memberikan surat teguran. Jika pelanggaran sedang maka memberikan sanksi hukum disiplin sedang berupa penundaan kenaikan pangkat, penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama setahun.

 

Namun jika pelanggaran berat maka sanksi displin berat diberikan meliputi penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 3 tahun, pemindahan dalam rangka penurunan jabatan setingkat lebih rendah, pembebasan dari jabatan, pemberhentian dengan hormat tidak dengan permintaan sendiri dan mekanisme dan tata cara penjatuhan hukuman disiplin berpedoman pada PP 53 tahun 2010.(sm)

Dibaca 398 kali
Tagar Terkait:
Bagikan ke Medsos !

BERITA 5 BAWAH

  • POLITIK JAMBI
  • HUKUM JAMBI
  • BERITA JAMBI
  • OPINI JAMBI