JoomlaLock.com All4Share.net

tanbar

Untuk Pileg, Kotak Suara Transparan, Wein: Pilwako Masih Yang Lama
Suasana rapat di KPU Kota Jambi
 
JAMBERITA.COM - Undang undang tentang Penyelenggaraan Pemilu Nomor 7 tahun 2017 mengamanatkan agar penggunaan kotak suara pada pemilu presiden dan pemilu legislatif harus transparan.
 
Sehingga isi dari kotak suara bisa dilihat dari luar.
 
Untuk diketahui, penggunaan kotak suara transparan itu sebagaimana diamanatkan dalam UU tentang Penyelenggaraan Pemilu Nomor 7 tahun 2017. 
 
Amanah kotak suara transparan, disebutkan dalam pasal 341 ayat 1 huruf (a), perlengkapan kotak suara untuk pemungutan suara harus bersifat transparan yang bermakna bahwa isi kotak suara harus terlihat dari luar. 
 
Ketua KPU Kota Jambi, Wein Arifin,  mengatakan untuk Pileg dan Pilpres 2019 mendatang, pihaknya masih menunggu regulasi dari KPU RI. Yang jelas, aturannya pasal 134 Undang-undang No. 7 Tahun 2017 bahwa kotak suara harus transparan. 
 
“Tentunya nanti KPU RI akan membuat aturan lebih lanjut terkait kotak suara Pemilu, kalau untuk Pilkada kotaknya masih tetap yang sudah ada,” katanya. 
 
Yang jelas, Undang-undang No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, yang dimaksud itu adalah pemiihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2019 mendatang. 
 
Sementara, untuk Pilwako tahun depan masih berpegang pada Undang-undang No.10 Tahun 2016, yang tidak mengatur terkait kotak yang harus transparan. 
 
“Artinya untuk pelaksanaan Pilwako Jambi nanti tetap menggunakan kotak (aluminium) yang ada di KPU,” katanya. 
 
Soal logistik untuk Pilwako kata Wein, masih menggunakan logistik Pilgub lalu. Dimana saat ini masih disimpan di gudang KPU. 
 
Untuk jumlahnya sendiri kata dia, tidak ada masalah. Mengingat Pilwako hanya menggunakan satu kotak suara saja. "Bisa kita pastikan tidak ada masalah. Semuanya masih ada tersimpan," jelasnya.(sm) 
Dibaca 76 kali
Tagar Terkait:
Bagikan ke Medsos !

BERITA 5 BAWAH

  • POLITIK JAMBI
  • HUKUM JAMBI
  • BERITA JAMBI
  • OPINI JAMBI
Post by Redaksi
15 September 2017 - 13:24