JoomlaLock.com All4Share.net

bawas1u

Lafran Pane Pahlawan Nasional
Lukman Hakim Dalimunthe

Ditulis oleh : Lukman Hakim Dalimunthe
Kader HMI komisariat Peternakan Korkom Univeristas Jambi Cabang Jambi

 

 

Akhir-akhir ini ketika di media sosial viral mengenai kandidat Pahlawan Nasional yang akan dianugerahi pada 10 November 2017, saya membaca bahwa Ayahanda Lafran Pane (pemrakasa berdirinya HMI) menjadi salah satu kandidat pahlawan nasional tersebut.

 

Melihat hal ini, selaku kader HMI saya merasa bangga dan memberikan apresiasi kepada Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) yang telah memasukkan nama Ayahanda Lafran Pane sebagai salah satu nominasi kandidat Pahlawan Nasional.

 

Disini saya menulis sedikit mengenai Ayahanda Lafran Pane dan jasanya terhadap bangsa Indonesia.  Lafran Pane lahir di kampung Pangurabaan, kecamatan Sipirok, kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 5 Februari 1922.

 

Sebuah tempat yang terletak di kaki gunung Sibualbuali, 38 kilometer ke arah utara dari "Kota Salak" Padang Sidimpuan ("Lafran Pane, Jejak Hayat dan Pemikirannya" karya Hariqo Wibawa Sastria).

 

Adapun jasa yang telah ditorehkan Lafran Pane diantaranya adalah turut berjuang dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia dan aktif dalam gerakan kepemudaan sebagai perintis kemerdekaan di Jakarta. 

 

Beliau membuat kelompok Menteng Raya 31 yang konsisten mendukung kemerdekaan. Kelompok ini adalah bagian dari pemuda yang menculik Bung Karno ke Rengas Dengklok untuk mendesak Bung Karno agar memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

 

Lafran Pane juga memprakarsai berdirinya HMI pada tanggal 5 Februari 1947 pada saat usia 25 tahun di Sekolah Tinggi Islam (STI)  yang berada di Jogjakarta. Berkat jasa beliaulah HMI telah banyak melahirkan alumni yang sukses di berbagai bidang, baik cendikiawan maupun menjadi tokoh penting dan pemimpin di Negeri tercinta ini yang tidak bisa saya tulis satu persatu nama mereka. 

 

Itulah sebahagian dari jasa Ayahanda Lafran Pane, dan masih banyak lagi tentunya terhadap bangsa Indonesia. Maka, saya ingin memperkenalkan ayahanda Lafran Pane kepada masyarakat Indonesia melalui tulisan singkat ini, walaupun secara resmi prosesi Penganugrahan Pahlawan Nasional tersebut masih beberapa hari ke depan. Karena sudah sepantasnya masyarakat Indonesia mengenal pahlawan-pahlawannya. 

 

Untuk itu saya berharap kepada seluruh keluarga besar HMI, KAHMI (Korps Alumni HMI) dan seluruh masyarakat Indonesia agar mendo’akan dan menggemakan suksesnya Penganugerahan Pahlawan Nasional sebagai apresiasi kepada Ayahanda Lafran Pane pada 10 November 2017 mendatang. 

 

Yakinkan dengan Iman, usahakan dengan Ilmu, sampaikan dengan amal. Yakusa!

Dibaca 361 kali
Bagikan ke Medsos !

BERITA 5 BAWAH

  • POLITIK JAMBI
  • HUKUM JAMBI
  • BERITA JAMBI
  • OPINI JAMBI