JoomlaLock.com All4Share.net
Soal 'Uang Ketok', Erwan Koordinasi ke Zola Dijawab "Coba Coba Coba"

JAMBERITA.COM - Tiga terdakwa kasus dugaan suap pengesahan RAPBD Provinsi Jambi tahun 2018, menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Jambi, Rabu (14/3/2018).

Saipuddin mendapatkan giliran pertama untuk pembacaan dakwaan. Dalam dakwaan ini terungkap jika Erwan sudah berkoordinasi dengan Zola.

Dalam berkas tersebut, jaksa mengatakan, pembahasan uang ketok beberapa kali dilakukan di ruang kerja Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston. Dalam pembahasan itu dihadiri sejumlah pimpinan dewan. Juga ada Erwan Malik.

Kemudian, sambung Jaksa, para pimpinan Dewan meminta sejumlah uang untuk memuluskan Ranperda APBD 2018 menjadi Perda APBD 2018.

Jaksa KPK melanjutkan, uang yang diminta awalnya adalah senilai Rp 5 Miliar. Dengan pembagian masing-masing anggota dewan mendapatkan Rp 100 juta.

"Kemudian Erwan Malik melapor ke Gubernur Jambi Zumi Zola, dan Zumi Zola memerintahkan untuk berkoordinasi dengan Asrul," ujar Jaksa KPK.

Dari Sini Asrul memberikan sinyal jika Gubernur menyetujui permintaan "uang Ketok Palu DPRD" termasuk jabatan PLT yang dijabat Erwan dan Arfan akan dipertahankan. Setelah itu, Erwan kemudian memerintahkan Saipuddin dan Arpan untuk mencari uang. Dari SKPD didapat Rp77 juta. Selanjutnya, Arfan meminta uang dari Asiang dan Ahui. Hanya saja Zola masih khawatir tidak kuorum. Ia sudah menghubungi Asrul tetapi belum terhubung. Kemudian Zola menjawab, "Coba Coba Coba"

Selanjutnya, terdakwa kemudian menemui Ketua DPRD untuk memastikan kuorum anggota namun Ketua DPRD tidak bisa memastikannya. Setelah itu, Arfan dan Saipuddin menemui seluruh ketua fraksi untuk memastikan hadir. Setelah ada kepastian, Arfan, Saipuddin dan Wahyudi membahas persiapan untuk memberikan uang ketok palu.

Hingga berita ini diturunkan, Jaksa KPK masih membacakan berkas pemeriksaan secara bergantian.(sm)

Dibaca 2452 kali
Tagar Terkait:
Bagikan ke Medsos !

bannerok2

BERITA 5 BAWAH

  • BERITA JAMBI
  • POLITIK JAMBI
  • HUKUM JAMBI
  • OPINI JAMBI
Post by Redaksi
19 FebruarI 2018 - 14:10