JoomlaLock.com All4Share.net
Awas... Sudah 2 Petahana yang Maju Pilkada Diciduk KPK Karena Dugaan Suap
JAMBERITA.COM- Dalam tahun 2018 ini, sudah dua calon kepala daerah (cakada) yang terciduk oleh KPK karena kasus dugaan suap.
 
Mereka yakni Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko yang tahun ini kembali maju sebagai calon petahana. Kini Bupati Nyono telah berstatus tersangka dan resmi ditahan.
 
Kedua, Marianus Sae adalah Bakal Calon Gubernur (Cagub) NTT yang diusung oleh PDIP-PKB. Marianus terdaftar berpasangan dengan Bakal Cawagub Emelia Julia Nomleni. Ia juga sudah ditetapkan tersangka.
 
Ini semakin membuktikan jika kepentingan untuk maju Pilkada membutuhkan biaya politik yang tinggi. Diduga oknum kepala daerah yang tidak amanah memanfaatkan fee proyek saat menjabat.
 
Menanggapi hal ini, Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan dalam konferensi persnya di KPK pagi ini, Senin (12/2/2018) mengakui jika sudah ada dua petahana yang maju sebagai cakada yang ditangkap KPK karena diduga menerima suap.
Hanya saja, soal apakah ini kemudian digunakan untuk kebutuhan Pilkada, ini sedang didalami. Termasuk kasus Marianus.
 
"Apakah akan dilakukan untuk biaya kampanye, prediksi ya, prediksi tim kita, kemungkinan besar dia butuh uang untuk itu," kata Basaria.
 
Namun, Basaria menyebutkan belum ada aliran yang ditemukan KPK terkait uang yang diterima Marianus terkait kepentingan kampanye. Hanya saja, mengingat status Marianus sebagai calon gubernur NTT, Basaria menyebut kebutuhan dana yang cukup besar tentu diperlukan.
 
"Tapi apakah itu pasti ke sana, kita belum bisa mengatakan itu. Karena kita belum menemukan jalur sesuatu diberikan kepada pihak yang akan melakukan, tim-tim yang berhubungan dengan pilkada tersebut. Tapi prediksi dari tim kita, karena yang bersangkutan balon ya, bakal calon gubernur sudah barang tentu membutuhkan banyak dana," ucap Basaria.(sm)
Dibaca 610 kali
Bagikan ke Medsos !

bannerok2

BERITA 5 BAWAH

  • BERITA JAMBI
  • POLITIK JAMBI
  • HUKUM JAMBI
  • OPINI JAMBI
Post by Redaksi
19 FebruarI 2018 - 14:10