JoomlaLock.com All4Share.net

tanbar

Kinerja PDAM Tirta Muaro Jambi Sehat, Ini Kata David Rozano Lajir

JAMBERITA.COM - Berdasarkan Laporan kinerja pada tahun 2015 dari Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), menetapkan PDAM Tirta Muaro Jambi sebagai PDAM sehat.

 

Dalam Buku Laporan Kinerja 2015 yang diterbitkan BPPSPAM, PDAM Tirta Muaro Jambi ditempatkan peringkat ketiga dari 9 PDAM se- Provinsi Jambi yang dinilai kinerjanya oleh BPPSPAM. Perusahaan air bersih milik Pemkab Muaro Jambi ini mendapat nilai 2,81 atau terpaut beberapa point dari PDAM Kabupaten Kerinci "Tirta Sakti" di peringkat pertama.

 

Ketua Dewan Pegawas PDAM Tirta sekaligus asisten II Pemkab Muaro Jambi, David Rozano Lajir mengatakan, buku Laporan Penilaian Kinerja PDAM ini merupakan hasil penilaian yang dilakukan oleh BPPSPAM bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terhadap PDAM yang ada di kabupaten dan kota di Indonesia.

 

“Pada tahun 2015, BPPSPAM melakukan penilaian kinerja  PDAM Se-Indonesia untuk memberikan gambaran terhadap perkembangan kinerja yang dicapai PDAM," kata David saat kunjungan ke Instalasi Pengelolaan Air (IPA) PDAM Tirta Muoro Jambi di Unit 10, Desa Nyogan, Kecamatan  Mestong didamping Direktur PDAM, Hirwanto Tajir, SE Selasa (9/12/217).

 

Selain itu, berdasarkan hasil audit kinerja dari BPKP, PDAM Tirta Muaro Jambi   selama 2 tahun berturut-turut yakni 2015-2016 dikategorikan sehat. Penilaian kinerja terhadap PDAM dilakukan dengan menggunakan indikator yang terdiri atas empat aspek, yaitu aspek keuangan meliputi rentabilitas,  likuiditas dan solvabilitas. Aspek pelayanan  meliputi cakupan pelayanan teknis, pertumbuhan pelanggan, tingkat penyelesaian aduan, kualitas air pelanggan, dan konsumsi air domestik.

 

Aspek operasional  meliputi efisiensi produksi, tingkat kehilangan air, jam operasi pelayanan, tekanan air, dan penggantian meter air pelanggan. Dan aspek sumber daya manusia meliputi ratio pegawai terhadap 1.000 pelanggan, ratio pendidikan dan pelatihan pegawai dan ratio biaya pendidikan dan pelatihan.

 

“Masing-masing aspek dirinci ke dalam beberapa parameter dan selanjutnya hasil penilaiannya diklasifikasikan ke dalam tiga kategori, yaitu Sehat, Kurang Sehat dan Sakit,” ungkap David.

 

Asisten II Pemkab Muaro Jambi ini memberikan apresiasi kepada Direktur PDAM Tirta Muaro Jambi bersama jajarannya yang telah meningkatkan kinjerja PDAM dari sebelumnya dikatergorikan sakit menjadi sehat.

 

Pihaknya  berharap, manajemen PDAM Tirta Muaro Jambi dapa mempertahankan kinerja serta dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan seperti memperluas cakupan pelayanan agar visi misi Muaro Jambi Tuntas 2022 tercapai.

 

"Saat ini cakupan pelayanan sudah mencapai 45 persen, kita minta agar diperluas dan ditingkatkan lagi hingga mencapai 100 persen," katanya.

 

Menanggapi hal ini, Direktur PDAM Tirta Muaro Jambi, Hirwanto Tajir, secara pribadi merasa bangga terhadap pencapaian yang diraih. Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh karyawan yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Ia pun berharap dengan hasil ini bisa semakin memotivasi karyawan untuk selalu meningkatkan kinerjanya dengan tujuan akhir agar pelanggan merasa dilayani dan diperhatikan oleh PDAM.

 

"Kita minta dukungan dari semua pihak untuk meningkatkan kinerja PDAM Tirta Muaro Jambi dari sebelumnya sakit sekarang menjadi PDAM yang sehat," ujarnya.

 

Untuk tahun 2017, lanjut Hirwanto, pihat terus berupaya meningkatkan kinerja PDAM yakni dengan berbagai tahapan diantaranya peningkatan kapasitas produksi dengan membangun dan mengoperasikan SPAM yang berada di Kasang Pudak dengan kapasitas produksi 20 liter perdetik  dan Desa Nyogan  juga 20 liter perdetik.

 

Untuk di  Kasang Pudak pelanggan baru sekitar 100 SR,  sedangkan di Desa Nyogan, Kecamatan Mestong baru 30 SR. SPAM ini beroperasi mulai pagi dari pukul 8-10 WIB,sedangkan sore pukul 16-17 WIB. Masing-masing SPAM akan memenuhi 2.500 SR atau sekitar 15 ribu jiwa.

 

Kepala Unit SPAM Nyogan, Sopyan mengatakan, animo masyarakat untuk memasang saluran baru PDAM cukup tinggi. Pihaknya, memberikan kemudahan soal biaya kepada masyarakat  yang ingin memasang sambungan baru. "Untuk pelanggan baru  kita mematok harga Rp 1,125 juta. Pelanggan cukup membayar DP Rp 500 ribu. Sisanya bisa diangsur  Rp 50 ribu perbulan," ungkapnya.

 

Saudin, pelanggan SPAM Desa Nyogan mengaku,  sudah satu tahun berlanggan air PDAM. Pelayanannya cukup memuaskan dan  air yang disediakan cukup memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Mulai dari mandi, mencuci dan memasak. "Kualitas airnya bagus bahkan bisa langsung diminum," tegasnya.

 

Hal serupa juga dikatakan, Eka Susanti warga Rp 01, Desa Nyogan. Ia bilang, sudah berlanggan sejak Febuari 2017. Sejak itu, pelayanan PDAM Tirta Muaro Jambi sampai sekarang lanjut Eka cukup baik. "Tagihan listriknya cukup terjangkau hanya Rp 80 ribu perbulan," tegasnya.

 

Lebih lanjut Hirwanto menambahkan, jika  cakupan pelayanan diperluas dan jumlah sambungan baru terus ditingkatkan. Masyarakat Muaro Jambi dapat menikmati layanan air bersih.

 

Ia menargetkan  1.200 SR pada tahun ini tercapai. Ia optimis target tersebut tercapai. Bahkan, hingga September sudah tercapai 800 SR. (afm)

Dibaca 231 kali
Bagikan ke Medsos !

unnamed

BERITA 5 BAWAH

  • POLITIK JAMBI
  • HUKUM JAMBI
  • BERITA JAMBI
  • OPINI JAMBI

 

pers