JoomlaLock.com All4Share.net
16 Parpol yang Lolos di Jambi Ini Menunggu Pleno KPU RI
HM Subhan (kiri) saat mengecek kesiapan Pilkada di KPU Kota Jambi

 

JAMBERITA.COM- Sebanyak 16 partai politik (Parpol) di Provinsi Jambi belum bisa bernafas lega. Meski lolos dan memenuhi syarat di Jambi, namun mereka masih menunggu rekapitulasi hasil di tingkat KPU RI.

Di Jambi sendiri pleno penetapan hasil verifikasi faktual di Aston Hotel, Minggu (11/2/2018) lalu. Mereka adalah 12 partai lama yakni PDI Perjuangan, Golkar, Demokrat, PKS, PKB, PPP, NasDem, PAN, PKPI, Hanura, Gerindra dan PBB. Sedangkan 4 partai baru yakni Perindo, PSI, Garuda dan Berkarya.

Ketua KPU Provinsi Jambi, HM Subhan mengatakan pleno di tingkat akhir dilakukan KPU RI pada 17 Februari. Hasil pleno itulah yang nantinya menetapkan jumlah Parpol peserta Pemilu 2019 yang memenuhi syarat 75 persen.  “Tanggal 17 ditetapkan di KPU RI. Hasil ini yang menentukan jumlah Parpol perserta Pemilu 2019,” katanya.

Hari berikutnya, lanjut Sabhan, akan dilakukan pengundian nomor urut Parpol. Namor ini akan ditetepkan dan menjadi simbol partai pada Pemilu nanti.  “Setelah ditetapkan, hari berikutnya langsung pengundian nomor urut Parpol,” katanya.

Untuk di Jambi sendiri, Subhan menyebutkan, verifikasi ini dilakukan dengan melihat kepengurusan, kantor, keterwakilan perempuan dan keanggotaan. Sesuai rencana pihaknya akan menyerahkan berkas dan hasil pleno ke Jakarta untuk mengikuti pleno di KPU RI.

"Saya sudah berada di Jakarta untuk mengantarkan berkas. Semua lengkap baik itu ke kepengurusan, kantor dan keterwakilan perempuan," sebutnya.(sm)

Dibaca 28 kali
Bagikan ke Medsos !

bannerok2

BERITA 5 BAWAH

  • BERITA JAMBI
  • POLITIK JAMBI
  • HUKUM JAMBI
  • OPINI JAMBI
Post by Redaksi
19 FebruarI 2018 - 14:10