JoomlaLock.com All4Share.net
SAH Apresiasi Peran Pers Dalam Pendewasaan Demokrasi
Sutan Adil Hendra

JAMBERITA.COM- Hari Pers Nasional (HPN) tanggal 9 Februari 2018 di Padang Sumatera Barat kemarin merupakan momentum strategis pendewasaan demokrasi Indonesia.

Momentum tersebut salah satunya lahir dari besarnya peran pers atau media massa dalam kehidupan demokrasi sistem politik yang dijalankan suatu bangsa.

Pernyataan ini disampaikan Sutan Adil Hendra (SAH) ketika menghadiri Diskusi Hari Pers Nasional (HPN) di TV Parlemen Senayan (12/2) Jakarta kemarin.

Menurut Pimpinan Komisi Pendidikan DPR tersebut, pers yang independen menjadi syarat tumbuh dan berkembangnya demokrasi di suatu negara.

"Salah satu syarat negara demokrasi itu adalah adanya pers yang bebas namun bertanggung jawab menjalankan fungsi edukasi pada masyarakat Indonesia yang sedang di dalam fase pendewasaan demokrasi."

Namun Anggota Fraksi Partai Gerindra ini menambahkan pendewasaan demokrasi juga membutuhkan idealisme dan etika media pada nilai - nilai moral, keadilan dan tata kelola hukum secara konsisten.

Karena tanpa idealisme ini kedudukan media massa cenderung akan mudah diperalat oleh kepentingan kekuasaan.

Gejala ini bisa dilihat dari objektivitas dan intensitas pemberitaan sebagian media massa yang tidak berimbang, akibatnya media hanya dijadikan alat kekuasaan dalam membentuk opini sesuai keinginan pihak yang berkuasa.

Namun SAH mengakui dari sekian banyak media nasional dan lokal masih terdapat media - media yang mengedepankan objektivitas dan kode etik jurnalistik secara baik.

"Apapun situasinya tentu ada kritik dan apresiasi akan peran media massa dalam kehidupan politik dan demokrasi di Indonesia, atas peran tersebut saya mengucapkan Hari Pers Nasional (HPN) bagi semua pers, teruslah berkarya membangun bangsa,”pungkasnya.(*/sm)

Dibaca 33 kali
Bagikan ke Medsos !

bannerok2

BERITA 5 BAWAH

  • BERITA JAMBI
  • POLITIK JAMBI
  • HUKUM JAMBI
  • OPINI JAMBI
Post by Redaksi
19 FebruarI 2018 - 14:10