JoomlaLock.com All4Share.net
Pimpin Kunjungan Ke Palangka Raya, SAH Minta Kampus Kejar Akreditasi
SAH (tengah) saat kunjungan ke Palangkaraya

JAMBERITA.COM - Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X DPR RI ke Kota Palangka Raya (1/2/2018) kemarin memiliki agenda pengawasan terkait proses pembelajaran di pendidikan tinggi.

Hal ini disampaikan Pimpinan Komisi X yang memimpin rombongan Anggota DPR ke Palangka Raya Kalimantan Tengah, Sutan Adil Hendra (SAH).

Berbicara di sela-sela pertemuan Komisi pendidikan DPR dengan berbagai Pimpinan Perguruan Tinggi se-Kalimantan Tengah, SAH yang merupakan Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI ini mengatakan evaluasi pembelajaran menjadi poin penting dalam penentuan akreditasi prodi ataupun institusi.

"Proses pembelajaran menjadi penting dalam penilaian akreditasi di tiap prodi dan institusi kampus," terang SAH.  

Sehingga dewasa ini, akreditasi perguruan tinggi menjadi cerminan kualitas pembelajaran yang diselenggarakan perguruan tinggi secara mutlak.

Bahkan akreditasi telah menjadi pra syarat dalam berbagai aspek kebijakan yang lain, seperti syarat beasiswa, penelitian, lulusan hingga program kerja sama, semuanya mewajibkan akreditasi minimal B di tiap prodi.

"Akreditasi itu cerminan proses pembelajaran, makin bagus akreditasi suatu prodi, akan makin baik pula proses pembelajarannya, baik sarana, dosen hingga mutu dari prodi dan institusi,” jelasnya. 

Dalam hal mencapai ini, SAH menekankan perguruan tinggi di Kalimantan Tengah bisa mengejar target akreditasi prodi dan borang institusinya.

Karena menurutnya akreditasi tuntutan regulasi yang tidak bisa di tawar-tawar lagi, masyarakat pun memiliki harapan yang besar terhadap mutu perguruan tinggi.

DPR sendiri menurutnya telah memberi dukungan yang cukup memadai dalam hal akreditasi perguruan tinggi ini, baik berupa regulasi maupun dukungan APBN pendidikan, sehingga diharapkan akan ada percepatan akreditasi tiap perguruan tinggi, baik pembelajaran, tata kelola dan tri darma perguruan tinggi.(*/one)

Dibaca 73 kali
Bagikan ke Medsos !

bannerok2

BERITA 5 BAWAH

  • BERITA JAMBI
  • POLITIK JAMBI
  • HUKUM JAMBI
  • OPINI JAMBI
Post by Redaksi
19 FebruarI 2018 - 14:10