JoomlaLock.com All4Share.net
SAH Minta Profil Lulusan PTN/PTS Sesuai Dengan Kebutuhan Masyarakat
Sutan Adil saat menghadir wisuda

JAMBERITA.COM- Pimpinan Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra menyampaikan Profil lulusan perguruan tinggi dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan kebutuhan masyarakat. Kesesuaian tersebut berupa kualitas yang sesuai dengan tantangan zaman.

Pernyataan ini disampaikannya ketika berbicara tentang persiapan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 di Jakarta (17/1/2019) kemarin.

"Sarjana yang dihasilkan PTN/PTS bukan hanya dituntut untuk berkualitas secara moral dan intelektual, tetapi juga harus menguasai keterampilan yang dibutuhkan masyarakat,” kata SAH.

Karena dewasa ini masyarakat sebagai pengguna lulusan perguruan tinggi hidup di zaman teknologi dan arus informasi yang sedemikian cepat, akibatnya penguasaan IT dan bahasa asing oleh sarjana menjadi mutlak di perlukan, jelas anggota Fraksi partai Gerindra DPR tersebut. 

Dalam upaya menjawab tantangan ini, SAH meminta kampus di tanah air ketika menyusun rencana strategis (Renstra) pengembangan mutu lulusan dengan penguasan IT dan bahasa asing sebagai profil lulusan yang dihasilkan.

Di samping itu SAH mengatakan peran pemerintah dalam hal ini harus lebih nyata, baik berbentuk regulasi aturan yang melandasi hingga pendampingan melalui skema program hibah kepada perguruan tinggi.

Salah satu tantangan yang paling dekat untuk dilakukan adalah pembenahan kurikulum dari masing-masing program studi atau jurusan.

"Ke depan prodi di kampus kita harus akseptabel terhadap pembelajaran IT dan bahasa asing secara lebih terstruktur dalam proses pembelajaran di tiap PTN/PTS, sehingga ke depan akan ada perubahan signifikan akan mutu lulusan yang sesuai kebutuhan masyarakat dan zaman," tandasnya.(sm)

Dibaca 64 kali
Bagikan ke Medsos !

bannerok2

BERITA 5 BAWAH

  • BERITA JAMBI
  • POLITIK JAMBI
  • HUKUM JAMBI
  • OPINI JAMBI
Post by Redaksi
19 FebruarI 2018 - 14:10