JoomlaLock.com All4Share.net
Rapat Dengar Pendapat dengan Kemendag dan Bulog, Ihsan Yunus Kritisi 3 Hal Ini Soal Impor Beras
Ihsan Yunus saat rapat dengar pendapat di DPR RI

JAMBERITA.COM- Anggota DPR RI dari Dapil Jambi, Ihsan Yunus yang juga Anggota Komisi VI menggelar rapat bersama Kemendag dan Rapat dengar pendapat dengan Deputi Bidang Usaha Agro dan Farmasi, kementerian BUMN RI, Direktur Utama PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) dan Direktur Utama Perum Bulog pada Kamis (18/1/2018).  Ini terkait pro kontra impor beras karena data yang dipakai tidak sama. Sehingga solusinya tidak tepat.

Ihsan Yunus pun menyampaikan langsung 3 poin yang harus menjadi perhatian. “Pertama, kalau disepakati data produksi mentan, kan surplus, berarti permasalahan ada di distribusi, bukan produksi, import beras tidak menyelesaikan masalah,” kata Ihsan Yunus.

Kedua, distribusi bisnis beras masih dikuasai oleh pedagang dan kartel, sehingga harga kepada konsumen tidak bisa dikendalikan.

Dalam hal ini kemendag sudah diberikan kewenangan yang cukup sesuai dengan amanat UU perdagangan, untuk mengatur distribusi beras. Dan ini belum dilakukan secara optimal.

Ketiga, BULOG dengan segala keterbatasan wewenangnya, tidak cakap dalam memainkan perannya sebagai stabilisator harga dan buffer stock. Ini terbukti dari dana PMN yang telah diberikan pada akhir tahun 2106, dan sampai sekarang belum digunakan.(sm)

Dibaca 102 kali
Bagikan ke Medsos !

bannerok2

BERITA 5 BAWAH

  • BERITA JAMBI
  • POLITIK JAMBI
  • HUKUM JAMBI
  • OPINI JAMBI
Post by Redaksi
19 FebruarI 2018 - 14:10