JoomlaLock.com All4Share.net

bawas1u

Sukses Bawa APBN ke Jambi,  Masyarakat Apresiasi Kinerja SAH di Senayan
Sutan Adil Hendra

JAMBERITA.COM- Tiga tahun menjabat sebagai anggota DPR RI banyak manfaat yang dirasakan masyarakat Jambi akan kiprah Sutan Adil Hendra (SAH) di Senayan.



Hal ini bisa dibuktikan dengan derasnya program dan dana APBN ke Jambi seperti puluhan milyar dana beasiswa PIP bagi puluhan ribu pelajar SD, SMP dan SMA/SMK, Pembangunan ratusan Ruang Kelas Baru (RKB) untuk sekolah, Pelatihan Pariwisata, Program Ekonomi Kreatif. Hal ini hanya sebagian contoh perjuangan Anggota Fraksi Gerindra tersebut bagi daerah yang di wakilinya.



Kinerja ini dinilai berbagai tokoh masyarakat Jambi sebagai prestasi yang baik dari seorang SAH dalam membuka akses pembangunan Jambi ke Pemerintah Pusat.



Seperti penilaian Drs. H. Sudirman seorang tokoh masyarakat yang menilai SAH berhasil memperjuangkan dana pendidikan dari APBN ke Provinsi Jambi.

 

"Selama ini belum pernah Jambi mendapat alokasi dana pendidikan yang begitu besar dari pusat, tapi semenjak beliau di Komisi X ada peningkatan signifikan dana yang masuk baik dalam bentuk beasiswa ataupun untuk rehab sekolah,”kata Sudirman.



Pernyataan ini senada dengan realisasi di lapangan bahwa untuk tahun 2017 ini saja tak kurang 60 ribu beasiswa pelajar SD, SMP, SMA dan SMK bagi Jambi, belum lagi 85 milyar dana untuk pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) untuk sekolah di berbagai daerah.



Perjuangan SAH ini juga diakui oleh Budi Yanto, S.Pd,. M.Pd salah seorang pendidik senior, Kepala Sekolah SMP 4 Kota Jambi. Menurutnya selama pengalaman beliau menjadi guru dan kepala sekolah, baru sejak SAH di komisi pendidikanlah ada perhatian pusat ke Jambi.

 

"Dulu sebelum beliau di Komisi X beasiswa PIP itu tiap sekolah dapat 15 sampai 30 siswa, kini rata - rata tiap sekolah mendapat ratusan, kita usulkan semuanya disetujui, karena usulan kita itu dikawal oleh beliau di kementerian,” ungkapnya.

 

Pengakuan akan kinerja SAH ini juga disampaikan Safuan S.Pd., M.Pdi Kepala Sekolah SMA 4 Sarolangun.



"Saya mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian SAH terhadap SMA kami, tiap tahun anak - anak kami mendapat ratusan beasiswa yang beliau perjuangkan,”katanya.



Terkait dengan hal tersebut, Pengamat pendidikan Jambi Dr. Afron, M.Ed mengatakan upaya SAH dalam memperjuangkan dana APBN pendidikan dan bidang lainnya, harus diikuti dengan kebijakan dari Pemerintah Provinsi Jambi.



"Idealnya dana pusat ini harus diikuti dengan besaran dana yang dialokasikan pemerintah daerah dalam APBD, misal jika ingin meningkatkan akses pendidikan, provinsi juga harus menganggarkan pembuatan RKB, minimal dana pendidikan itu sesuai dengan amanat UU yakni sebesar 20 persen,”katanya.

 

Selanjutnya pria yang lagi menempuh post doktoral di Finlandia tersebut mengatakan sejak pendidikan menengah dalam hal ini SMA dan SMK menjadi kewenangan provinsi, idealnya ada penambahan persentasi anggaran untuk pendidikan.



"Jadi jika wewenang bertambah idealnya dana juga bertambah, jadi SAH selaku Anggota DPR berjuang di pusat, provinsi juga melakukan hal yang sama, agar ada percepatan peningkatan akses dan pemerataan kualitas pendidikan Provinsi Jambi,” tandasnya. (*/sm)

Dibaca 306 kali
Bagikan ke Medsos !

BERITA 5 BAWAH

  • POLITIK JAMBI
  • HUKUM JAMBI
  • BERITA JAMBI
  • OPINI JAMBI