JoomlaLock.com All4Share.net

tanbar

Soal Dugaan Beras Plastik di Merangin, Ini Dia Hasil Pengujiannya

JAMBERITA.COM -  Pemerintah Provinsi Jambi sudah menerima hasil pengujian terhadap dugaan beras plastik di salah satu pecel lele di Kabupaten Merangin.

 

Gubernur Jambi dalam konfrensi pers didampingi kadis Ketahann Pangan Amir Hasbi di sela kegiatan di Kampus IPB mengatakan setelah diteliti, di Provinsi Jambi tidak ada beras yang mengandung plastik.

 

Meski demikian, Zola berpesan kepada masyarakat agar berhati-hati mengkonsumsi makanan yang berbahaya apalagi beras yang mengandung plastik. “Itu sangat berbahaya,” terang Zola.

 

Terpisah, Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, Amir Hasbi menambahkan jika pihaknya sudah menerima hasil pengujian dengan No. Laporan 1505198143. Dimana, kesimpulannya, berdasarkan hasil uji bau, rasa dan bentuk, sampel Nasi, Beras Merk Naruto, Beras pembanding dari Toko Pasar Hongkong Kec. Jelujung Kota Jambi tidak menunjukkan bau dan rasa material plastik.

 

Hasil analisa bentuk menunjukkan sampel memiliki bentuk normal  seperti nasi dan beras. Dari ketiga hasil uji bau, rasa dan bentuk, menunjukkan bahwa ketiga sampel tersebut tidak mengandung material plastik.

 

Kemudian, Analisa dengan FTIR menunjukkan ketiga sampel teridentifikasi sebagai material starch dan tidak terdapat gugus fungsi dari material lainnya.

 

Berdasarkan hasil analisa dengan FTIR ini, ketiga sampel tersebut diatas tidak mengandung material plastik.

 

Berdasarkan termogram DSC pada heating kedua, tidak terdapat Melting Temperature (Tm) atau Glass Transition Temperature (Tg). Hasil pengujian temperatur transisi  dengan DSC tersebut menunjukkan sampel tidak mengandung material plastik.

 

Lalu, Analisa dekomposisi material dengan TGA menunjukkan sampel Nasi, Beras Merk Naruto, Beras Toko Pasar Hongkong Kec. Jelujung Kota Jambi mengandung material  highly volatile, medium volatile, combustible dan residu anorganik.

 

Dari hasil termogram TGA dapat dilihat bahwa ketiga sampel menunjukkan temperatur onset sekitar 282 – 294°C yang mendekati nilai temperatur onset starch yaitu ~ 300°C. Nilai temperatur onset ini di bawah nilai temperatur onset plastik (onset temperatur plastik ~ 440°C).

 

Hasil analisa material aditif tidak menunjukkan adanya senyawa aditif pada ketiga  sampel. Hasil analisa unsur menunjukkan pada sampel Nasi mengandung unsur C, O dan Cu;  sampel Beras Merk Naruto mengandung unsur C, O, Al, Cu; sampel Beras Toko Pasar Hongkong Kec. Jelujung Kota Jambi mengandung unsur C, O, Al, Mg, K, dan Cu.

 

Adapun pengujian dilakukan di Balai Teknologi Polimer, di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta. "Kami menerima hasilnya 12 September ini,"katanya.(*/sm)

Dibaca 690 kali
Bagikan ke Medsos !

unnamed

BERITA 5 BAWAH

  • POLITIK JAMBI
  • HUKUM JAMBI
  • BERITA JAMBI
  • OPINI JAMBI

 

pers