JoomlaLock.com All4Share.net
Putra Asli Muaro Jambi Ini Pinta Masnah Busro Dengar Masyarakat Bawah
Karyadi

JAMBERITA.COM - Putra asli Kabupaten Muaro Jambi sekaligus Ketua Perhimpunan Tani Rakyat Swadaya (PETRAS) Karyadi mengingatkan Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro, agar selektif dan cerdas dalam menentukan arah pembangunan.

 

"Saya sangat perhatian dengan pembangunan Muaro Jambi, maka saya mengingatkan Bupati (Masnah-red) agar selektif dan cerdas dalam menentukan arah pembangunan Muaro Jambi yang geografisnya mengelilingi Kota Jambi," kata Karyadi pada Jamberita.com, Sabtu (9/9/2017).

 

Dengan kondisi geografis yang mengelilingi kota, itu merupakan potensi yang sangat besar jika bisa dimanfaatkan secara cerdas dan terukur.

 

Seperti misalnya, Duku Kumpeh yang sudah menjadi buah khas Jambi, dan sudah dikenal di luar daerah bahkan mancanegara.

 

"Ini belum tergali secara sempurna. Saya menyarankan agar di Kumpeh dibuat objek wisata duku Kumpeh yang di konsep modern seperti Agrowisata, buat lah even tahunan ketika panen raya, sehingga petani duku dapat menjual dengan harga tinggi," terang Karyadi.

 

Rumah duku misalnya, dibuat gedung yang bentuknya seperti buah duku di dalamnya menjual semua produk dari duku, mulai dari bibit hingga obat-obatan dan buah-buahan yang ada di kumpeh.

 

Evennya bisa diselengarakan 3 kali setahun. Apalagi kata Karyadi, jika dibarengi dengan perawatan serta pemupukan sesuai dengan teknologi pertanian.

 

"Sekarang semua stakeholder harus siap, baik sharing ilmu di proyek ini. Jadi kita berharap Ibu Bupati Muaro Jambi bisa bekerjasama dengan semua pihak  agar dapat mendengar aspirasi masyarakat bawah," jelas Karyadi.

 

Diakui Karyadi, ia sangat yakin dengan itikad baik, terkonsep dan terukur Muaro Jambi Tuntas bisa tercapai.

 

Ditambah lagi Muaro Jambi memiliki perkebunan sawit yang begitu luas dan dibarengi banyaknya pabrik Kelapa Sawit. Bahkan pabrik kelapa sawit (PKS) di Kabupaten Muaro Jambi terbanyak di Provinsi Jambi.

 

"Itu harus menjadi penyumbang PAD. Namun memang, harus jitu dan detail dalam mambuat kebijakan di bidang ini. Saya sangat yakin masih banyak potensi yang belum tergali terutama di bidang kerja sama CSR, perpajakan dan potensi lainya. Semua potensi ini akan menjadi tontonan rakyat saja, jika kebijakan yang diambil tidak cerdas dan terukur," pungkas Karyadi.(afm)

Dibaca 1028 kali
Bagikan ke Medsos !

BERITA 5 BAWAH

  • POLITIK JAMBI
  • HUKUM JAMBI
  • BERITA JAMBI
  • OPINI JAMBI
Post by Redaksi
15 September 2017 - 13:24