JoomlaLock.com All4Share.net

tanbar

Umat Budha Jambi Kecam Ashin Wirathu, “Dia Bukan Bikhu”
Rudi Chang menyerahkan donasi umat Budha Jambi kepada pemerintah kota jambi

JAMBERITA.COM – Sholat Jumat berjamaah dan Doa untuk Rohingya yang digelar oleh Pemerintah Kota Jambi di lapangan Kantor Walikota Jambi siang tadi (08/09/2017) juga diisi dengan penyampaian Pernyataan Sikap Umat Budha Jambi.

 

Setelah Sholat Jum'at dan doa bersama untuk Rohingya selesai dilaksanakan, Rudi Chang, Ketua Perkumpulan Umat Budha Jambi membacakan Pernyataan Sikap Umat Budha Jambi.

 

Dalam Pernyataan Sikap yang dibacakannya, Rudi menyampaikan bahwa umat Budha Jambi mengecam segala tindakan Ashin Wirathu dan siapa saja yang mengaku beragama Budha, yang melakukan atau menganjurkan pembunuhan dan penganiayaan terhadap sesama manusia, khususnya Muslim Rohingya di Rakhine State, Myanmar.

 

“Kami menyatakan bahwa Ashin Wirathu bukanlah seorang Bikhu, karena tindakan mereka telah melanggar sila pertama, sila yang paling dasar dari Pancasila Budhis, yaitu tidak melakukan pembunuhan dan penganiayaan terhadap semua makhluk hidup secara universal, apalagi terhadap manusia, tanpa memandang suku, ras, warna kulit, dan agama,” tegas Rudi.

 

Sebagai informasi, Ashin Wirathu adalah seorang Bikhu dan pemimpin spiritual Budha Myanmar yang memimpin pergerakan anti-Muslim di Myanmar. Sikapnya mengakibatkan pembantaian etnis Muslim Rohingya secara besar-besaran di Rakhine State Myanmar.

 

Rudi juga menghimbau seluruh umat Budha yang ada di Provinsi Jambi dan Indonesia agar turut berperan aktif dengan memberikan bantuan moril maupun materil kepada etnis Rohingya yang tengah mengalami krisis kemanusiaan di Rakhine State, Myanmar.

 

“Kami menjunjung tinggi kerukunan dan perdamaian, menyampaikan rasa empati yang dalam, atas penderitaan yang dialami oleh saudara-saudara kita Muslim Rohingya dan masyarakat di Rakhine, Myanmar. Untuk itu kami berdoa agar penderitaan itu segera berakhir,” kata Rudi.

 

Setelah membacakan Pernyataan Sikap, Rudi menyerahkan donasi dari Umat Budha Jambi sebesar Rp. 50 juta kepada Pemerintah Kota Jambi, untuk disalurkan kepada masyarakat Muslim Rohingya. (wan)

Dibaca 337 kali
Tagar Terkait:
Bagikan ke Medsos !

unnamed

BERITA 5 BAWAH

  • POLITIK JAMBI
  • HUKUM JAMBI
  • BERITA JAMBI
  • OPINI JAMBI

 

pers