JoomlaLock.com All4Share.net

pers

Ikuti Jumat Berjamaah dan Doa untuk Rohingya di Lapangan Balai Kota

JAMBERITA.COM, JAMBI - Krisis kemanusiaan muslim Rohingya yang terjadi di Rakhine State Myanmar sangat menyita perhatian masyarakat luas, berbagai pernyataan solidaritas pun terus mengalir hampir di seluruh penjuru dunia tak terkecuali di Kota Jambi. Selain mengecam keras tragedi tersebut, Pemerintah Kota Jambi juga akan menggelar Jumat Berjamaah dan Doa untuk warga muslim Rohingya.

 

Wali Kota Jambi melalui Kepala Bagian Humas Setda Kota Jambi Abu Bakar, mengatakan kegiatan yang bertajuk Jumat Berjamaah dan Doa Untuk Rohingya itu dilakukan sebagai bentuk solidaritas dan aksi nyata atas tragedi kemanusiaan tersebut. Selain menunaikan shalat Jumat berjamaah yang juga diiringi dengan qunut nazilah serta doa bersama untuk keselamatan warga muslim Rohingya, pada acara itu juga direncanakan akan dilakukan penggalangan dana kemanusiaan.

 

"Bapak Wali Kota mengundang segenap kaum muslimin di Kota Jambi dan sekitarnya untuk bersama-sama melaksanakan shalat Jumat berjamaah di lapangan utama kantor Wali Kota Jambi pada Jumat besok tanggal 8 September 2017, mulai pukul 11.00 WIB sampai dengan selesai. Selain membacakan doa untuk keselamatan warga muslim Rohingya, dalam acara itu insya Allah juga akan dilakukan penggalangan dana kemanusiaan untuk meringankan beban warga Rohingya," ujar Abu bakar diruang kerjanya, Rabu (6/9).

 

Ia menambahkan, Wali Kota Syarif Fasha juga mengimbau kepada seluruh umat beragama yang ada di Kota Jambi, khususnya ummat muslim untuk tidak terpancing dan terprovokasi serta tetap menjaga kondusifitas Kota Jambi.

 

"Kerukunan antar ummat beragama harus terus terjaga karena krisis Rohingya bukan konflik agama. Yang paling tepat kita lakukan sekarang adalah memberikan dukungan bantuan kemanusiaan serta doa, dengan harapan semoga Allah Taala menolong kaum muslimin Rohingya dan mengangkat kesulitan mereka. Selain itu kita juga  berharap agar otoritas setempat proaktif untuk menghentikan dan mencegah kekerasan, serta memberikan akses bantuan kemanusiaan," tambah Abu Bakar.

 

Abu Bakar juga mengapresiasi dukungan berbagai pihak terhadap kegiatan solidaritas kemanusiaan tersebut. Ia juga meyakini kegiatan Jumat berjamaah dan Doa bersama itu akan dihadiri ribuan massa.

 

"Kami meyakini kegiatan tersebut akan dihadiri ribuan massa, mengingat banyaknya dukungan baik dari Forkompimda, TNI, Polri, FKUB, Ormas, pengurus Masjid, Pondok Pesantren serta komunitas lainnya yang menyampaikan dukungan untuk diselenggarakannya kegiatan ini secara terbuka dilapangan kantor Wali Kota Jambi, dan sampai sore tadi sudah banyak yang menyatakan kehadirannya pada Jumat nanti," terang Abu Bakar.

 

Abu Bakar menjelaskan, usai shalat Jumat itu, juga akan hadir perwakilan ummat Budha dari berbagai Vihara-vihara se-Kota Jambi. Mereka juga akan turut menyampaikan rasa simpatinya serta pernyataan sikapnya yang mengutuk tragedi kemanusiaan etnis Rohingya tersebut. Selain itu perwakilan ummat Budha Jambi itu juga akan menyerahkan secara langsung bantuan atau donasi kemanusiaan yang sudah dihimpun dalam beberapa hari ini untuk diteruskan kepada lembaga terkait.(*/sm)

Dibaca 244 kali
Tagar Terkait:
Bagikan ke Medsos !

unnamed

BERITA 5 BAWAH

  • POLITIK JAMBI
  • HUKUM JAMBI
  • BERITA JAMBI
  • OPINI JAMBI