JoomlaLock.com All4Share.net

tanbar

KARS Keluarkan SE Syarat Wajib Rumah Sakit, Ini Isinya...
 
JAMBERITA.COM - Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) mengeluarkan surat edaran nomor :861/SE/KARS/VIII2017 tentang persyaratan mutlak kelulusan akreditasi rumah sakit.
 
Adapun suratnya berbunyi. Sehubungan dengan telah ditetapkan standar nasional akreditasi rumah sakit edisi (SNARS edisi 1) pada tanggal 8 Agustus 2017 yang lalu. Sesuai dengan hal hal yang dirumuskan dalam persyaratan akreditasi rumah sakit (PARS), maka ditetapkan persyaratan mutlak yang harus dipenuhi oleh Rumah Sakit agar dapat lulus dalam proses akreditasi. 
 
Hal ini sesuai dengan acuan dari The International Society For Quality In Healthcare (ISQua) yang menyatakan perlu adanya core standard dimana tempat pemenuhan standar tersebut, maka kelulusan tidak bisa dicapai oleh rumah sakit.
 
Berikut adalah daftar standar mutlak tersebut yaitu 
1. Rumah Sakit dipimpin oleh tenaga medis (dokter atau dokter gigi)
2. Rumah Sakit mempunyai IPAL yang berizin.
3. Rumah Sakit mengadakan obat-obatan dari jalur distributor resmi.
4. Rumah Sakit melaksanakan pelayanan kemoterapi sesuai standar.
5. Rumah sakit mengungsikan staf medis yang memiliki STR dan SIP yang valid.
 
Apabila pada survei di rumah sakit didapatkan pelanggaran terhadap kelima standar mutlak tersebut, maka kelulusan akreditasi rumah sakit akan ditunda 3 bulan untuk memberi kesempatan Rumah Sakit memperbaiki dan melengkapi persyaratan. 
 
Bila sampai dengan waktu yang disediakan tersebut rumah sakit tidak dapat memenuhi persyaratan ini maka Rumah Sakit dinyatakan tidak lulus.
 
Bagi surveyor yang mendapati kelima hal tersebut pada saat survei agar melaporkan langsung kepada ketua eksekutif KARS melalui email dengan alamat This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. . Demikian untuk diketahui dan dilaksanakan.
 
Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 21 Agustus 2017 Komisi Akreditasi Rumah Sakit, Ketua Eksekutif DR dr Sutoto. M.Kes.
 
Plt. Direktur RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi drg. Iwan Hendrawan menjelaskan, "Itu dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit Indonesia (KARS) adalah syarat wajib."
 
"Rumah sakit yang tidak mengikuti itu, tidak akan terakreditasi," kata Iwan pada Jamberita.com, Jum'at (25/8/2017).
 
Iwan mengatakan, untuk RSUD Raden Mattaher sendiri sudah terakreditasi dan lulus paripurna, bintang 5 (lima).(afm)
 
 
Dibaca 776 kali
Bagikan ke Medsos !

BERITA 5 BAWAH

  • POLITIK JAMBI
  • HUKUM JAMBI
  • BERITA JAMBI
  • OPINI JAMBI
Post by Redaksi
15 September 2017 - 13:24